Mataram – KPU NTB akan segera melantik Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se NTB pada pertengahan November ini. “Sampai dengan paling lambat 15 November 2012, kami akan melantik PPK maupun PPS disemua kabupaten kota di NTB” kata Ketua KPU NTB Fauzan Khalid saat me-launching atau meluncurkan tahapan Pilkada NTB Senin (12/11) malam kemarin.

Peluncuran tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTB itu dihadiri gubernur TGH M Zainul Majdi dan wakilnya H Badrul Munur, anggota DPR dari Daerah Pemilihan NTB Prof Farouk Muhammad, dan dua anggota DPD asal NTB masing-masing H Muhyi Abidin, dan Baiq Dyah Ganefi.

Fauzan mengatakan, terhitung mulai Senin kemarin, tahapan resmi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB periode lima tahun mendatang dimulai, yang diawali dengan pemutakhiran data pemilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi beserta jajarannya.

Pemutakhiran data pemilih itu merujuk kepada Data Agregat per Kecamatan (DAK2) dan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4), yang diserahkan Pemprov NTB kepada KPU Provinsi NTB untuk kepentingan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, pada 10 Oktober 2012.

Jumlah penduduk NTB berdasarkan DAK2 itu tercatat sebanyak 5.416.473 jiwa, dan berdasarkan DP4 tercatat sebanyak 3.889.749 jiwa.  Pemutakhiran data pemilih itu, sudah harus rampung hingga penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada 22 Maret 2013.

Fauzan mengatakan, untuk pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur oleh partai politik atau gabungan partai politik, dijadwalkan 5-11 Februari 2013.  “Ini berarti masih ada waktu kurang dari dua bulan untuk calon perseorangan, dan tiga bulan untuk calon yang diusung parpol atau gabungan partai politik,” ujar Fauzan.

http://www.globalfmlombok.com/content/tahapan-pilkada-ntb-resmi-dimulai-kpu-segera-lantik-ppk-dan-pps-se-ntb