Image

Kediri- Dalam rangka untuk meningkatkan kapasitas sebagai penyelenggara pemilu baik Pemilukada Prov. NTB, Pemilukada Kab Lobar, Pilpres maupun pemilu legislatif 2014, KPU Kabupaten Lombok Barat mengadakan sosialisasi pra-persiapan pemilu Bupati dan wakil Bupati kabupaten lombok barat yang diadakan di Kantor Camat Kediri (6/12).

Kegiatan yang diikuti oleh dua kacamatan dalam dapil 2 yaitu kecamatan Kediri dan labuapi baik dari PPK,PPS maupun dari PPDP berjumlah 56 orang juga dihadiri oleh anggota KPU Kab Lobar, Kapolsek Kediri dan Kapolsek Labuapi.

Dalam sambutannya, Sekcam Kediri H. Nasrullah mengatakan agar PPK dan PPS di Dapil 2 agar paham, pintar dan cerdas dalam mengikuti kegiatan ini supaya pada proses-proses pemilu dapat dilaksanakan dengan baik, lancar dan aman.

Sedangkan Kapolsek Kediri AKP. Burhanuddin menyoroti pentingnya pemahaman tentang UU dalam payung hukum pelaksanaannya.Selain itu, Kapolsek juga menyoroti mengenai daftar pemilih (DP), “DP menjadi biang kericuhan dalam pemilu,untuk itu dibutuhkan keseriusan pesrta dalam kegiatan ini. PPK dan PPS mempunyai UU sebagai payung hukum dalam pelaksanannya, juga melakukan kerja yang baik dan membangun komunikasi agar meminalisir masalah dalam DP terutama bagi pelajar yang memasuki pemilih pemula juga diseriusi,” ujarnya.

H. Sarudin, Ketua PPK Labuapi juga menekankan agar PPS dan perangkat di bawahnya agar berpegang pada UU no 15 tentang penyelanggaraan pemilu supaya problematika yang terjadi nantinya akan dilindungi oleh hukum, “Jika PPS digugat namun PPS sudah melaksanakan aturan, sampai ke tingkat pengadilan tertinggi di negeri ini akan dibela oleh KPU, tapi jika sebaliknya maka PPS sendiri yang menanggungnya,” tegasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan ini diharapkan agar PPK dan PPS supaya lebih paham dan kritis untuk menyikapi berbagai masalah-masalah yang mungkin terjadi dalam pelaksanannya.